10 cara membedakan trucukan jantan dan betina secara akurat

Pada kesempatan kali ini petanisukses.com akan berbagi mengenai cara membedakan trucukan jantan dan betina baik yang masih anakan lolohan dan sudah dewasa. Akhir-akhir ini popularitas burung trucuk semakin meningkat karena banyak kicau mania yang memelihara dan banyaknya perlombaan. Suara khasnya adalah ropelan dan bisa memiliki isian burung dari masteran. Yang dinilai oleh dewan juri dalam perlombaan adalah terucuk yang memiliki ropelan yang panjang dan bisa garuda. Saat ini banyak burung terucuk yang sudah berprestasi harganya sampai 25 juta.

cara membedakan burung trucukan jantan dan betina
Trucukan jantan sedang garuda (nggaruda). Pada bagian alis sampai paruh hitam pekat dan paruhnya tebal

Nama lain burung trucukan

Di berbagai tempat, nama burung trucukan memiliki nama lain yaitu merbah cerukcuk, cerocokan, terucuk, jogjog, cerukcuk, cicak, dan cica. Burung ini termasuk kategori omnivora karena memakan hewan dan tumbuhan. Burung terucuk ini sangat mudah perawatannya dari segi pakan. Contoh makanan burung trucuk adalah pisang, jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, pepaya, melon, voer ayam, voer lele, jambu air, mentimun, dan lainnya.

Anakan trucuk jantan dan betina

Membedakan trucuk jantan dan betina usia dewasa

Burung terucuk biasa disingkat dengan istilah TR. Bagi kicau mania yang sudah lama memelihara burung terucuk akan mudah membedakan mana terucuk jantan dan mana terucuk betina. Yang paling mudah membedakannya ketika trucuk sudah mulai dewasa baru bisa 100%.

Burung trucukan sedang njambul. Terlihat gagah sekali kan?

Berikut tabel perbedaan jantan dan betina pada terucuk dewasa

NoTrucukan jantanTrucukan betina
1Memiliki beberapa helai rambut hitam pada bagian leher dekat kepala. Biasanya 3-5 helai rambut.Tidak memiliki beberapa helai rambut. Kalaupun ada letaknya pada bagian dalam tertutupi oleh bulu lain
2Garis tengah hitam pada kepala lebih jelas dan pekat kemudian lebih lurusGaris tengah pada kepala tidak lurus tapi lebih menyebar dan tampak tidak tegas.
3Bulu pada telinga lebih lebat dan tertutup rapat pada bagian telinga. Dilihat dari belakang, terlihat menonjol bulu yang menutupi telinganya.Bulu pada bagian telinga tidak terlalu rapat. Kalau dari belakang masih agak terlihat bagian dalam telinganya.
4Bagian kepala trucukan jantan lebih besarKepala lebih kecil dibandingkan jantan
5Lingkar pada alis sampai paruh hitam pekatLingkar mata dan garis sampai paruh tampak hitam memudar.
6Rongga mulut jantan berwarna kuningRongga mulut betina tampak pink pucat
7Di cek pada bagian Supit udang atau sekitar dubur lebih sempitSedangkan supit udang betina lebih lebar
8Bentuk ekor jantan lebih lurusBentuk betina tampak seperti kipas
9Paruh lebih besar dan berwarna hitam pekatParuh cenderung lebih kecil dan panjang dan warna hitamnya tidak terlalu pekat
10Lebih sering njambul atau terlihat jambul pada bagian kepalanyaJarang terlihat njambul

Membedakan trucuk jantan dan betina usia anakan lolohan

Untuk trucukan yang masih lolohan lebih sulit tapi dengan ciri-ciri trucuk jantan dan betina berikut ini bisa kita ketahui 80% berhasil dalam membedakan keduanya.

Trucukan yang masih anakan dan diloloh sedang tegap berdiri
NoTrucukan jantanTrucukan betina
1Paruh jantan lebih besar dan lebih gelap warnanyaParuh betina lebih kecil dan memudar warna gelapnya
2Bulu kepala sering njambul walaupun masih anakanBulu kepala jarang njambul
3Kuku pada anakan jantan berwarna hitamKuku anakan betina cenderung keputihan
4Postur tubuh jantan lebih panjang dan besarPostur tubuh betina lebih pendek dan kecil
5Cara berdirinya lebih tegapBeridirinya cenderung bungkuk
6Lebih aktifKurang aktif

Ada kelebihan tersendiri dalam memelihara burung trucukan yang masih muda dari lolohan. Kelebihannya adalah burung trucuk lebih jinak dan mudah kita masteri dengan isian burung lain seperti cucak ijo, cucak rowo, murai batu, dan kenari. Tapi kekurangannya untuk mencapai ropelan panjang butuh waktu yang lama. Sedangkan kelebihan dari memelihara terucuk ombyokan dewasa adalah bisa ropel panjang tapi kekurangannya adalah tidak jinak. Nah untuk sampai jinak bisa sampai satu tahun baru jinak. Dan itu pun tergantung dari perawatan. Kalau sering dimandikan burung trucuk akan lebih cepat jinak.

memelihara trucukan dari lolohan
memelihara trucukan dari lolohan

Alasan memelihara burung trucukan

alasan memeliharan burung trucukan

Saya sendiri sudah memelihara burung trucukan umur dewasa tapi lama tidak bisa jinak. Akhirnya saya lepas kembali ke alam. Sekarang saya memelihara turucukan dari usia lolohan dan sampai sekarang sudah jinak. Masih dalam tahap mastering.

Alasan saya memilih burung trucukan adalah dari segi perawatan nomor satu. Perawatan burung trucuk ini sangat mudah. Diberi pakan voer ayam atau voer lele saja mau. Kita tahun kan harga kedua voer tersebut sangatlah murah hehehe. Kemudian buah apa saja mau dimakan seperti buah pepaya, pisang, melon, semangka, dan lain-lain. Sayuran seperti mentimun dan tomat pun mau dimakannya. Untuk pakan tambahannya saya biasa berikan jangkrik.

Yang kedua adalah ropelannya. Burung trucuk memiliki suara yang khas dan berwibawa menurut saya. Ropelan terucuk ternyata bisa panjang. Dengan alasan inilah saya akhirnya memutuskan untuk memelihara burung trucuk sebagai hiasan di depan rumah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *