Berapa kali lovebird mandi dalam sehari?

Ada pertanyaan dari lovebird mania mengenai berapa kali lovebird mandi dalam sehari. Kebanyakan teman yang sering memandikan lovebird ini biasanya suka bermain gantangan atau lomba. Sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimanalovebird harus dimandikan.
memandikan lovebird siang hari
Bagi lovebird mania yang sering mengikutkan lovebirdnya untuk lomba bisa dipastikan setiap hari memandikan burung lovebirdnya. Pasalnya dengan terapi mandi, lovebird kita bisa gacor dan memiliki nafas yang panjang. Kalau lovebird bisa memiliki ngekek yang panjang. Sampai saat ini untuk perlombaan lovebird tidak pernah menurun frekuensinya walaupun harga lovebird sudah bisa dikatakan SANGAT ANJLOK. Di tempat saya kalau bos lovebird mengambil di peternakan lovebird josan dihargai 50-60 ribu. Kalau dijual lagi ada yang 90 ribu sampai 100 ribu. Harga burung lovebird josan sama dengan lovebird kenari yang sekarang ini di kisaran 50 sampai 60 ribuan saja.
Oke kembali lagi ke pembahasan anjuran berapa kali lovebird mandi dalam sehari. Berikut ini saya akan bahas yang pertama dimulai dari pemilik lovebird yang tidak pernah ikbut lomba. Artinya burungnya hanya dijadikan hiasan saja yah seperti saya dulu dan memang sampai saat ini saya belum pernah ikut lomba gantang burung.
cara memandikan lovebird paud
1.     Anjuran lovebird dimandikan bagi lovebird hiasan
Menurut saya pribadi kalau lovebirdnya hanya dijadikan pajangan atau hiasan kita bisa memandikannya seminggu sekali sudah cukup. Tapi kalau ada waktu seminggu dua kali. Saya pribadi seringnya memandikan seminggu sekali bagi lovebird sebagai hiasan. Pemandian dilakukan pada waktu pagi hari. Bisa dimulai jam 07.00 sampai bulu lovebird benar-benar kering. Lovebird dimandikan sampai basah kuyup kemudian dijemur tanpa diberi pakan.
Berapa kali lovebird mandi dalam sehari
Ketika memandikan lovebird sekalian kita membersihkan kandang lovebird dengan cara disikat pada bagian bawahnya dan pakan dan minumannya diambil. Pemandian lovebird cukup pada waktu pagi hari saja yah. Penjemuran bisa dilakukan dari jam 07.00 sampai jam 08.00. terkadang sampai kelupaan jam 09.00 baru diambil hehe.
2.     Anjuran lovebird dimandikan bagi lovebird ternak
Nah beda lagi dalam menangani indukan lovebird yang sudah produksi. Ketika indukan lovebird dimasukkan ke dalam glodok dan sudah bertelur saya tidak pernah memandikannya. Sepasang indukan lovebird baru saya mandikan ketika saya memanen anakannya. Jadi memang bisa dua bulanan lovebird tidak dimandikan. Ketika kita memanen anakan lovebird baru indukan lovebird saya masukkan ke dalam sangkar bulat. Setelah itu dimandikan sekali setiap hari. Pemandian lovebird jam 07.00 sampai basah kuyup. Kalau ada waktu pokoknya dimandikan setiap hari dan dilakukan penjemuran setelahnya.

Tujuan hal ini agar lovebird cepat produksinya. Pemandian lovebird dan penjemurannya dilakukan setiap hari selama seminggu. Setelah seminggu baru dimasukkan ke dalam sangkar ternak. insyaAllah dijamin lovebird cepat kawin. Jangan lupa diberi pakan untuk mempercepat birahi seperti kangkung yah.
3.     Anjuran lovebird dimandikan bagi lovebird lomba
Penanganan bagi lovebird lomba sebenarnya menurut saya yang paling ribet. Diantaranya adalah kita harus mengatur birahinya. Nah cara untuk mengatur birahi agar stabil dengan terapi mandi. Pemandian lovebird lomba seringnya dimandikan sehari dua kali seperti manusia hehehe. Jadi jangan sampai kalah kalau lovebirdnya saja mandi dua kali apalagi kita sebagai pemiliknya juga rajin mandi sehari dua kali 😀
cara memandikan lovebird paud malam hari
lovebird paud dimandikan
Oke… pemandian pertama bisa pagi hari bisa jam 06.00 atau jam 07.00 pokoknya di bawah jam 09.00 yah. Bisa dimandikan sampai basah kuyup. Ada tujuan pemandian sampai basah kuyup ini agar lovebird memiliki stamina yang kuat dan nafas yang panjang.
Pemandian yang kedua pada waktu sore atau malam hari. Pemandian ini cukup dilakukan pengembunan saja yah. Ingat Cuma PENGEMBUNAN pakai semprotan yang berembun. Kemudian lovebird diangin-anginkan dan diberi kerodong.
Demikianlah penjelasan dari penjelasan artikel tentang anjuran mandi berapa kali sekali bagi lovebird. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi lovebird mania. Salam sukses!!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *