Cara membedakan pleci jantan dan betina secara akurat berdasarkan pengalaman

Berikut ini saya akan memberikan penjelasan Cara membedakan pleci jantan dan betina secara akurat. Burung pleci di tahun 2019 ini makin diminati oleh semua kalangan karena suaranya yang bisa menirukan berbagai jenis burung masterannya. Harganya pun kian melambung tinggi. Untuk burung pleci sendiri di habitatnya di hutan tropis dataran rendah makin jarang kita temukan karena sudah semakin diburu. Contohnya pleci dada kuning yang ada di Jawa sudah sangat sulit ditemukan.


Mengingat burung endemik Indonesia ini sudah makin langka ditemukan, para Pleci Mania (Pleman) berusaha menangkarkan burung berkacamata ini. Burung pleci ini sebenarnya burung monoforbik atau burung yang susah dibedakan jantan dan betinanya. Bagi yang sudah lama memelihara burung pleci atau menangkarkannya pasti sudah bisa membedakannya. Kalau kita sebagai pemula pasti bingung. Bahkan orang yang sudah lama memelihara pleci selama satu tahun pun bisa saja salah menebak burung plecinya itu jantan dan betina.

Cara membedakan pleci jantan dan betina akurat
Saat ini saya di rumah memiliki sepasang pleci dada kuning lokal. Beruntung sekali saya bisa memperoleh pleci dada kuning ini dari daerah Pasir Putih asli Situbondo. Padahal saya sudah lama mencarinya. Alhamdulillah saya menemukannya di pasar burung Situbondo.
Menurut saya pribadi dan teman-teman saya yang sudah beternak burung pleci untuk membedakan burung pleci jantan dan betina secara akurat tidaklah sulit. Namun butuh ketelatenan saja. Simak penjelasan berikut ini!
1.     Burung pleci jantan pasti “ngeriwik”
Ciri-ciri burung pleci jantan itu ngeriwik kalau di dengarkan suara mastering. Nah suara masteringnya itu bisa Anda cari di youtube dengan kata kunci suara pleci koloni dengan air mengalir. Caranya adalah burung pleci di taruh di sangkar kemudian di taruh di tempat yang tinggi. Bisa di taruh di dalam rumah tapi yang dekat dengan langit-langit atau atap. Kalau burungnya giras coba kita jangan melihatnya secara langsung tapi dengan cara di intip.
pleci jantan dan betina dalam satu kandang
pleci jantan dan betina dalam satu kandang
Kemudian kita putar suara masteran burung pleci dengan background suara air gemericik. Coba diamati beberapa menit, kalau burung pleci jantan pasti akan “mengeriwik”. Kalau “mengeriwik” itu artinya burung pleci akan mencoba menirukan atau ikut berkicau dengan suaranya sendiri. Bisa mencoba mengikuti atau membalas suara masteran. Kalau burung pleci kita membalas suara masteran tadi itu sudah dipastikan burung pleci kita jantan.
Namun jika burung pleci kita tidak membalas atau membalasnya dengan suara cat cit cat cit saja itu menandakan burung pleci kita betina.
Sebenarnya cara nomor satu ini dengan ciri-ciri burung pleci jantan itu “ngeriwik” adalah cara yang paling akurat. Jadi cukup memakai metode mendengarkan suara masteran koloni pleci dengan background suara air sudah cukup yah.

Oke saya akan memberikan informasi tambahan mengenai cara membedakan burung pleci jantan dan betina.
2.     Dilihat dari lingkar kacamatanya
Burung pleci jantan memiliki lingkar kacamata yang penuh atau tidak putus-putus. Kalau dilihat dari tebal-tipisnya lingkar kacamata atau klep itu tidak menjamin. Soalnya ada beberapa tipe pleci yang lingkar kacamatanya tipis. Contoh pleci lokal daerah Jawa Tengah memiliki lingkar kacamata yang umumnya itu tipis. Berbeda dengan pleci Bali atau Lombok yang memiliki tubuh yang sedikit lebih besar dan kacamata yang tebal.
gambar pleci jantan dan betina
Burung pleci betina lokal Jawa memiliki lingkar kacamata yang putus-putus. Untuk membedakannya secara langsung, Anda bisa langsung mendatangi teman yang sudah memiliki sepasang pleci.
Melihat dubur atau kelamin pleci jantan dan betina

membedakan pleci jantan dan betina dari dubur atau vent
bentuk vent atau kelamin pleci jantan dan betina

Pleci jantan memiliki dubur yang menonjol keluar kemudian cenderung menghadap ke bawah. Bisa dilihat pada gambar. Sedangkan pleci betina memiliki dubur yang cenderung lurus dan tidak menghadap ke bawah. Kebanyakan pleci jantan memiliki dubur yang lebih menonjol dan bentuknya kecil tapi kalau pleci betina tidak menonjol dan bentuknya lebar.
Dengan melihat bentuk kepala pleci

Cara akurat membedakan pleci jantan dan betina
bentuk kepala pleci jantan dan betina

Pleci jantan memiliki kepala yang datar pada bagian atasnya sedangkan pleci betina memiliki bentuk kepala yang cenderung cembung atau bulat. Untuk melihat datar atau cembungnya kepala pleci, Anda harus melihatnya dari samping. Kalau dari samping insyaAllah bisa membedakannya. 

Ciri-ciri sepasang pleci lokal jantan dan betina yang saya miliki:

1.     Pleci jantan saya ngeriwik kalau dimasteri burung sedangkan pleci jantan hanya bunyi cat cit cat cit saja
2.     Burung pleci jantan saya memiliki warna tubuh yang lebih ngejreng sedangkan warna tubuh pleci betina terlihat biasa saja.
3.     Pleci dada kuning saya yang jantan warnanya kuning tajam sedangkan yang betina kuning standar
4.     Lingkar kacamata pleci jantna saya lebih terlihat jelas, tegas, dan penuh. Sedangkan pleci betina lingkar kacamatanya ada putus-putus dan sedikit lebih tipis.
Nah itu saja yang bisa saya berikan sebagai sharing saya yang mau beternak pleci. Semoga bisa bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *