Cara mengatasi anakan lovebird umur 2 minggu tidak mau diloloh

Bagi peternak lovebird beragam masalah sudah biasa muncul. Ketika panen lovebird umur 2 minggu ada saja anakan lovebird yang baru saja diambil dari indukannya tidak mau diloloh oleh peternak. Bagi peternak yang sudah berpengalaman sudah memiliki trik sendiri untuk mengatasi lovebird tidak mau makan atau tidak mau membuka mulutnya.

Kenapa anakan lovebird tidak mau makan?

Anakan lovebird yang tidak mau diloloh itu ada dua hal. Yang pertama karena takut karena tidak pernah melihat manusia dan yang kedua karena sakit.

Kalau anakan lovebird yang sakit biasanya cenderung diam walaupun temboloknya kosong. Tapi kalau anakan lovebird yang tidak mau diloloh dia cenderung ramai minta makan ketika temboloknya kosong.

Ada saran bagi pemula yang ingin panen lovebird. Biasanya peternak memanen anakan pada malam hari. Tujuannya induk lovebird tidak begitu stres ketika anakannya diambil. Kemudian anakan juga tenang. Kita bisa melolohnya pada waktu pagi harinya setelah subuh.

alat spet lovebird

Pada waktu pagi pastinya anakan lovebird akan kelaparan dan ramai keluar suara-suara untuk minta makan. Pada waktu tersebut kita beri pakan dengan cara pakai SPET atau pakai SENDOK untuk meloloh anakan lovebird. Untuk mendapatkan alat spet seperti di atas bisa Anda beli di toko burung. Atau kalau tidak bisa dibuat sendiri. Anda tinggal membeli alat suntik di apotik kemudian membeli pentil ban sepeda dan tinggal di rangkai seperti di atas.

Cara meloloh anakan lovebird yang tidak mau makan

Oke cara ini bisa dipraktekan pada anakan lovebird yang sedang sakit ataupun yang tidak mau makan karena takut.

  1. Memakai alat spet
  2. Untuk anakan lovebird umur 2 minggu sebaiknya pakan lolohan agak encer dan memakai air hangat untuk adonannya.
  3. Paru lovebird dibuka secara paksa kemudian karet alat spet dimasukan ke dalam mulut lovebird kemudian makanan pada spet di dorong untuk masuk ke dalam tembolok lovebird

Cara mengatasi anakan lovebird tidak mau makan atau diloloh

Alat spet boleh agak dalam atau boleh sampai tenggorokkan lovebird ketika anakan benar-benar tidak mau makan.

Kalau anakan lovebird yang sakit dan tidak mau makan biasanya akan cepat kurus yang ditandai dengan NYILET. Kalau dalam waktu tiga hari tidak mau makan biasanya anakan lovebird tidak dapat tertolong.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita sebagai peternak harus paham betul. Seandainya anakan umur dua minggu sampai empat minggu tidak mau makan dan terlihat lesu harus segera diberi vitamin dan antibiotik. Pemberian lolohan juga harus diwaktu yang tepat dan jangan terlalu banyak.

Anda bisa mengatur jadwal meloloh. Misalnya untuk anakan lovebird umur 2 minggu bisa diloloh setiap 3 jam sekali. Kalau 3 jam sebaiknya jangan terlalu banyak lolohannya. Tapi kalau setiap 4 jam sekali dilolohnya lebih banyak.

Pada intinya untuk mengatasi anakan lovebird tidak mau makan adalah HARUS DIPAKSA. Kalau pakai alat spet akan lebih mudah dibandingkan cara lain seperti memakai sendok. Karena dengan alat spet ini bisa langsung masuk ke dalam tembolok lovebird.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *