Cara mengatasi lovebird betina yang galak pada jantan

Kali ini saya akan membahas permasalahan bagaimana cara mengatasi lovebird betina yang galak pada jantan. Saya sendiri dulu pernah memiliki sepasang indukan yang sudah sering produksi bahkan produksinya bisa dibilang sangat lancar. Namun yang betina sering mematuk atau mengejar-ngejar lovebird jantannya. Awalnya saya takut kalau nantinya lovebird jantan bisa dibantai oleh lovebird betina. Karena ada teman yang curhat digrup ternak lovebirdkalau lovebird jantannya mati dibantai oleh lovebird betinanya di glodok.

Cara mengatasi lovebird betina yang galak pada jantan
Setelah saya amati dan saya bandingkan dengan pasangan lovebird di kandang lain ternyata ada dua hal yang bisa membuat lovebird betina menjadi galak kepada lovebird jantan. Berikut penjelasannya:
1. Lovebird betina usianya lebih tua
Yap ini alasan pertama ketika lovebird betina galak kepada lovebird jantan yakni faktor U “usia”. Terkadang kita bisa menjodohkan lovebird betinanya lebih tua dibandingkan lovebird jantan. Sebenarnya tidak begit masalah sih ketika lovebird betina lebih tua tapi kan memang setiap karakter lovebird betina berbeda-beda. Idealnya kalau kita menjodohkan lovebird jantan dan betina sebaiknya lovebird jantan lebih tua agar lovebird jantan nantinya tidak diuber-uber lovebird betina.
2. Lovebird betina birahi tinggi
Kalau lovebird betina sedang birahi tinggi biasanya menjadi galak dan yang jantan pun bisa kalah. Jadi kita perlu menstabilkan birahi lovebird betina dengan perawatan yang akan saya bahas berikut.
Cara mengatasi lovebird betina yang galak pada lovebird jantan
1. Lovebird betina dipisahkan
Kalau kita sering melihat lovebird jantan sering diuber-uber (dikejar) sebaiknya kita pisahkan kedua lovebird tersebut. Biarkan lovebird jantan berada di dalam kandang ternak. Kemudian lovebird betina kita taruh di sangkar yang lain atau di sangkar bulat. Cara ini untuk mencegah lovebird jantan dibantai. Memang walaupun sudah jodoh dan pernah produksi bisa saja dibantai kalau kita membiarkannya saja.
2. Mengatur pola pakan EF (extra fooding)
Pakan yang banyak mengandung protein tinggi biasanya akan meningkatkan birahi lovebird jantan. Pakan tersebut misalnya jagung muda, tauge (kecambah hijau) dan kenari seed. Nah untuk meredamkan birahi lovebird betina kita bisa cukup berikan milet putih saja. Atau kita bisa tambahkan irisan mentimun di dalam kandang. Akhir-akhir ini banyak peternak lovebird yang menggunakan mentimununtuk menurunkan birahi lovebird ternak atau lomba.

Untuk menstabilkan birahi dengan atur pola pakan bisa dilakukan selama satu sampai dua minggu saja. Setelah lovebird betina terlihat tidak birahi lagi baru kita campur lagi dengan lovebird jantan di kandang ternak.
Cara mengatasi lovebird betina yang galak pada jantan
3. Memandikan
Lovebird betina dimandikan secara rutin sampai basah kuyup di pagi hari. Kalau sore harinya cukup diembunkan saja. Kalau pemandian yang rutin dan pakan cukup milet putih saja dalam waktu satu minggu birahinya sudah stabil kembali.
Itu saja yang biasa saya lakukan ketika menangani lovebird betina yang terlalu birahi. Kalau dulu penanganannya cukup satu minggu saja kemudian dicampur lagi. Kalau tidak ada kandang yang lain saya biarkan lovebird jantan dan betina tetap dicampur tapi pakannya saya samakan menjadi milet putih saja. Kemudian jantan dan betinanya dimandikan sampai basah kuyup dan cukup dijemur sebentar saja. Oke semoga informasi cara mengatasi lovebird betina yang galak pada lovebird jantan bisa bermanfaat untuk Anda. Semoga sukses ternak lovebirdnya! Aamiin..

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *