Harga kelinci lokal dari anakan hingga dewasa

Di tahun 2019 ini kelinci lokal masih sangat diminati oleh pecinta kelinci. Ada beberapa hal yang menjadikan kelinci lokal tetap eksis. diantaranya adalah perawatan kelinci lokal sangat mudah dan lebih tahan terhadap penyakit.

Dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019 harga kelinci lokal terbilang masih sama. Misalnya harga anakan umur 2 bulanan Rp25.000 sekarang naik menjadi Rp30.000 sampai Rp35.000. sedangkan kelinci lokal dewasa dibandrol Rp50.000 hingga Rp60.000. Harga kelinci lokal indukan Rp60.000 – Rp70.000.

kelinci lokal hasil silangan
Kelinci lokal umur 2 bulan siap dijual

Agar lebih jelas, harga kelinci lokal dari anakan hingga dewasa bisa melihat tabel di bawah ini!

Umur kelinciHarga
Anakan umur 2 – 3 bulanRp30.000 – Rp35.000
Bakalan siap kawin umur 4-5 bulanRp45.000 – Rp50.000
Dewasa atau sudah indukanRp50.000 – Rp60.000
sepasang kelinci lokal masih anakan
sepasang kelinci lokal masih anakan

Keunggulan memelihara kelinci lokal

  1. Cepat bereproduksi

Kelinci lokal ini cepet banget reprodusinya. Umur 4-5 bulan kelinci ini sudah bisa dikawinkan. Perkembangan organ reproduksi kelinci lokal betina lebih cepat dibandingkan kelinci lokal jantan. Oleh karena itu untuk mengawinkannya dibutuhan kelinci jantan yang umurnya sudah di atas 7 bulan.

ternak kelinci lokal albino
Anakan kelinci makan pelet

Masa hamil kelinci lokal sama seperti kelinci lain yakni 30 hari saja. Ketika anakan kelinci sudah berumur dua minggu, induk kelinci lokal sudah bisa dikawinkan lagi agar produksi kelinci lebih cepat.

  1. Tahan terhadap penyakit

Sudah terbukti bahwa kelinci lokal lebih tahan terhadap penyakit seperti kembung, diare, dan scabies (gatal/ gudik). Jadi kalau Anda yang jarang waktu untuk merawat kelinci bisa memelihara kelinci lokal saja. Pasalnya kelinci lainnya kebersihan kandang harus selalu dijaga.

kelinci lokal sepasang kelinci lokal warna hitam putih

  1. Jumlah anakan kelinci lokal banyak

Indukan kelinci lokal lebih pandai membesarkan anaknya dibanding kelinci lain. Satu melahirkan, kelinci lokal mampu melahirkan 8 ekor anakan. Rata-rata anakan yang hidup 80% sehingga 6 ekor anakan bisa dipanen dalam waktu 45 hari. Bisa dibayangkan setiap kali produksi anakan yang hidup sebanyak 5-6 ekor.

kelinci lokal anakan harga murah
Anakan kelinci sedang makan dalam kandang koloni
  1. Pakan yang mudah

Untuk pakan kelinci lokal sangatlah mudah. Kelinci lokal bisa diberi rumput saja tidak perlu diberi pakan pelet. Jadi bisa dibilang pakannya gratis asal kita mau pergi ke sawah mencari rumput.

harga sepasang kelinci lokal dewasa
Calon indukan kelinci lokal yang bagus
  1. Banyak warna pilihan

Warna kelinci lokal tidak hanya putih ataupun hitam. Namun kelinci lokal banyak warna pilihan seperti kuning, putih, hitam, dan coklat. Adapula kelinci lokal yang matanya berwarna merah dan biasa disebut denan kelinci lokal albino.

harga kelinci lokal albino siap kawin
Kelinci lokal albino bermata merah

Apakah kelinci lokal masih prospek untuk dibudidaya?

Iya masih bisa banget. Di luar sana ada peternak yang khusus mengembangbiakan kelinci lokal dengan alasan keunggulan kelinci lokal seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Dalam dunia peternakan, ada orang yang memang merasa cocok memelihara jenis kelinci tertentu. Seperti saya dulu. Saya merasa tidak cocok memelihara kelinci jenis Flamish Giant (FG). Untuk memelihara kelinci jenis FG dibutuhkan pakan yang berkualitas karena mengejar bobot ideal dan juga perawatan kandang yang harus selalu bersih. Karena saya jarang waktu mengurus kelinci akhirnya beberapa ekor kelincinya kena penyakit Skabies atau gatal-gatal.

harga kelinci lokal anakan
Kelinci lokal warna coklat

Bagi Anda yang mau mencoba beternak kelinci, alangkah baiknya bisa dimulai dari kelinci lokal yang harganya murah. Jadi kalau rugi tidak begitu banyak uang yang dikeluarkan. Anda bisa mencoba memelihara satu pejantan dan dua ekor betina saja. Beli yang sudah dewasa atau siap kawin.

Contoh kandang kelinci yang bagus

Masing-masing kandang berisi satu ekor kelinci. Tujuannya agar mudah kita perhatikan. Kalaupun ada penyakit seperti skabies tidak segera menular dan mudah untuk melakukan penanganannya.

ciri ciri kelinci lokal
sepasang kelinci lokal siap kawin

Coba dibayangkan seandainya memiliki 10 ekor indukan betina kemudian satu ekor indukan minimal anakan hidup 4 ekor. 10 ekor dikalikan 4 anakan yang hidup jumlahnya 40 ekor. Anakan bisa dijual mulai umur 50 hari sampai 60 hari. Dan anakan yang sudah berumur 60 hari biasanya indukan sudah melahirkan lagi. Cepat menghasilkan bukan?

Kalau ternak kelinci lokal sudah berhasil Anda bisa memulai ternak kelinci hias yang harganya jauh lebih mahal. Intinya dalam memelihara kelinci lokal ini sebagai latihan dalam beternak kelinci. Semoga artikel harga kelinci lokal anakan ini bermanfaat bagi Anda yang mau memulai ternak kelinci. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *