Jenis kelengkeng yang mudah berbuah dan mudah ditanam dalam pot

Saat ini banyak orang yang mengkoleksi tabulampot (tanaman buah dalam pot). Halaman rumah yang tidak luas dan sudah di paving sangat cocok sekali untuk ditanami tabulampot. Ada berbagai jenis tabulampot yang mudah berbuah seperti kelengkeng, jambu kristal, apel india, belimbing, jambu air, dan sebagainya. Tabulampot tersebut dapat menambah keindahan rumah.

Jika anda ingin membeli tabulampot, saya sarankan membeli tanaman kelengkeng. Kelengkeng ini bisa dibilang terus berbuah atau tidak tergantung pada musim seperti tanaman jambu air dan mangga. Ada banyak jenis tanaman kelengkeng dengan keunggulannya masing-masing. Ada empat jenis tanaman kelengkeng yang sangat terkenal yaitu kelengkeng pingpong, diamond river, merah, dan kristal.  Jika Anda ingin kelengkeng yang buahnya tebal dan kulitnya sedikit maka pilihlah jenis kelengkeng pingpong. Namanya diambil dari nama bola pingpong karena bentuknya mirip pingpong. Tapi jenis tanaman ini buahnya tergolong sedikit. Tapi jika ingin yang buahnya banyak, manis, dan buahnya lebat saya sarankan membeli bibit kelengkeng jenis diamond river.

Kelengkeng diamond river memiliki banyak kelebihan yang menjadikan kelengkeng ini banyak itanam di pekarangan rumah. Kelengkeng ini terkenal sangat mudah untuk di rawat dan mudah cepat berbuanya. Selain itu kelengkeng ini berbuah lebat dan rasanya sangat manis.

Ciri-ciri kelengkeng diamond

Rasa kelengkeng diamond sangat manis, memiliki aroma yang khas dan daging buanya berair. Karena buahnya yang berair, kelengkeng diamond memiliki kelemahan mudah busuk jika ditaruh di tempat yang salah setelah panen. Sebaiknya setelah kita memetik kelengkeng diamond ini bisa ditaruh di tempat yang kering atau tidak dibungkus plastik.

Warna daun kelengkeng diamond berwarna hijau cerah dan lebar daunnya kurang lebih 4 cm. dalam kurun waktu satu tahun pohon kelengkeng diamond yang ditanam dalam pot bisa menghasilkan buah 5 kg sampai 7 kg.

Kelengkeng diamond memiliki percabangan yang banyak sehingga daunnya rimbun. Jadi jenis kelengkeng ini sangat cocok sebagai tanaman buah sekaligus hiasan yang di tanam dalam pot.

Perawatan kelengkeng diamond

Supaya kelengkeng cepat berbuah dan memiliki buah yang lebat, setiap dua minggu sekali bisa diberi pupuk. Sebaiknya gunakan pupuk organik seperti pupuk cair merek MAREM. Merek tersebut sudah terkenal di kalangan petani buah kelengkeng atau jambu. Banyak orang yang sudah membuktikannya. Eh maaf ini bukan promosi yah. Tapi karena banyak orang yang sudah menggunakan pupuk cair merek Marem dan puas dengan hasil kebunnya. Pemangkasan perlu dilakukan setiap sebulan sekali agar mudah tumbuh cabang buah kelengkengnya.

Harga cangkokan kelengkeng diamond

Di daerah Situbondo, Jawa Timur harga cangkokan kelengkeng diamond Rp50.000 dalam polybag. Yang sudah ditanam di dalam pot Rp75.000.

Kalau beli yang di dalam pot dan sudah berbuah biasanya dihargai Rp400.000 sampai Rp1.000.000.

Kapan berbuah cangkokan kelengkeng diamond?

Waktu normalnya cangkokan kelengkeng diamond 2 tahun sudah bisa berbuah. Tapi jika perawatannya bagus dengan pupuk yang rutin dalam waktu satu tahun saja sudah bisa berbuah. Semoga bisa menginspirasi Anda yang sedang bingung memilih jenis tanaman kelengkeng.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *