Makanan burung trucukan yang masih anakan supaya cepat besar dan gacor

Burung trucukan merupakan burung yang sangat mudah perawatannya. Bagi pemula pun bisa merawat burung trucukan yang masih anakan di loloh dengan pakan yang sangat sederhana. Burung Trucukan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia kecuali Daerah Maluku dan Papua.

Baca postingan sebelumnya mengenai cara membedakan trucukan jantan dan trucukan betina

Burung ini sedang naik daun karena sudah banyak perlombaan burung trucukan yang terkenal dengan ropelannya yang panjang. Kebanyakan para Trucuk Mania memelihara trucukan lomba yang berasal dari hasil ombyokan dewasa. Namun adalah kelebihan dan kekurangan dalam merawat trucukan yang sudah dewasa hasil ombyokan.

Anakan trucuk masih loloh umur 3 minggu

Memelihara burung trucukan yang masih anakan loloh akan mudah jinak dibandingkan dengan memelihara burung trucukan yang sudah besar di alam. Biasanya anakan burung trucukan diambil di sarangnya pada umur satu mingguan. Umur 1 mingguan kalau burung trucukan sudah mulai tumbuh bulu. Dengan memelihara burung trucukan dari loloh ini burung akan jinak dan gacor bahkan kalau kita siuli bisa nggaruda.

Pakan burung trucukan yang masih anakan loloh

Burung trucukan ini perawatannya super gambang dan tidak neko-neko. Untuk anakan trucuk yang masih loloh bisa diberi pakan voer ayam 511 atau yang biasa untuk ayam pedaging. Voer tersebut mengandung banyak protein yang bisa mencukupi kebutuhan protein burung. Selain voer ayam bisa ditambah dengan buah pisang. Kalau ada jangkrik bisa ditambah dengan jangkrik. Untuk satu kali pakan cukup satu sampai dua ekor jangkrik. Selain voer ayam, Anda bisa memakai voer burung seperti merek Leopard dan Top Song.

anakan trucukan umur 1 bulan

Cara memberi makan trucukan muda loloh

  • Burung yang lapar biasanya membuka paruhnya minta untuk makan.
  • ambil Voer sedikit dicampur dengan air secukupnya diaduk rata kemudian siap di lolohkan pada burung.
  • Setelah voer bisa beri pakan pisang.
  • Kalau ada Jangkrik bisa diberi jangkrik 1-2 ekor setiap kali makan.
  • Jika burung sudah tidak minta makan lagi artinya burung sudah kenyang. Tunggu tiga jam lagi baru burung diberi pakan.

Pemasteran burung trucukan yang masih muda

Perawatan selanjutnya adalah perawatan burung trucukan yang masih muda agar nantinya bisa gacor. Setelah umur satu bulan, anakan burung trucukan sudah bisa makan sendiri dan harus disering dimasteri.

anakan trucukan umur 1 minggu
anakan trucukan umur 1 minggu

Pemasteran bisa dilakukan setiap hari dengan durasi yang bebas. Ada yang dua jam sehari atau bahkan ada yang sampai 6 jam sehari. Pelaksanaan pemasteran juga bisa pada waktu siang ataupun malam hari. Para Trucuk Mania lebih sering menyarankan pemasteran dilakukan pada waktu pagi hari bebarengan dengan pengembunan sekitar jam 5 pagi.

trucukan umur 1 bulanan siap master
trucukan umur 1 bulanan siap dimasteri

Apakah burung trucukan umur 1 bulanan perlu mandi?

Pada umur 1 bulan burung sudah mandiri atau bisa makan sendiri. Burung harus dilatih untuk mandi dengan disemprot secara ringan. Bisa disemprot embun saja dan jangan sampai basah kuyup.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *