Cara mudah meningkatkan birahi burung trucukan agar gacor dan ropel di pagi hari

Meningkatkan birahi burung trucukan agar gacor dan ropel di pagi hari sangat mudah teman-teman. Kita harus telaten dalam merawat burung trucukan supaya hasilnya bisa gacor (rajin bunyi) dan juga bisa menang di perlombaan.

Mengenal usia burung trucukan masuk birahi

Burung trucukan akan mengalami birahi pada usia 5 atau 6 bulan. Pada usia tersebut organ-organ reproduksinya sudah mulai aktif. Kalau di alam liar pada usia 6 bulan trucukan sudah mulai mencari pasangan. Bahkan trucukan betina pada usia 6 bulan sudah bisa bereproduksi (bertelur).

cara meningkatkan birahu trucukan

Hubungan birahi burung trucukan dengan rajin bunyi (gacor)

Burung yang birahi biasanya akan rajin berbunyi. Sedangkan burung yang birahinya kurang biasanya sering diam. Mendengar suara burung trucukan lain dia tidak akan merespon panggilannya.

Burung trucukan yang gacor artinya burung tersebut memiliki birahi yang stabil. Pada pagi hari waktu subuh, trucukan biasanya mengeluarkan bunyi khasnya yaitu “ropel”.

Burung trucukan yang macet bunyi biasanya mengalami ngedrop birahi. Oleh karena itu kita harus meningkatkan birahi burung trucukan dengan berbagai cara diantaranya adalah dengan pakan dan pola perawatan yang akan saya bahas pada bagian berikut!

3 tips untuk meningkatkan birahi burung trucukan

Berikut ini ada 3 tips untuk mendongkrak birahi burung trucukan yaitu dengan pemberian pakan tambahan, penjemuran, dan buah pisang setiap harinya. Yuk disimak yah!

1. Pemberian pakan tambahan (extra fooding)

Apa itu pakan tambahan (extra fooding)? Pakan ini adalah pakan yang mengandung protein tinggi. Umumnya pakan tambahan ini dari jenis serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Teman-teman bisa menggunakan salah satu pakan tersebut atau berbarengan. Misalnya jangkrik dengan ulat hongkong atau jangkrik dengan kroto. Pemberian ulat hongkong ataupun ulat kandang tidak boleh berbarengan dengan kroto yah karena efeknya tidak bagus buat burung trucukan.

Takaran jangkrik yang pas untuk burung trucukan

Saya sendiri biasa memberi pakan trucukan saya dengan jangkrik atau ulat hongkong. Pada pagi dan sore hari saya biasanya cukup memberikan dua ekor jangkrik. Artinya dua ekor jangkrik pagi hari dan dua ekor jangkrik di sore hari. Kalau jangkriknya kecil-kecil saya berikan tiga ekor atau empat ekor. Tergantung ukuran jangkrik.

Untuk jangkriknya dibersihkan terlebih dahulu. Buang kaki dan kepala jangkrinya kemudian diberikan.

membedakan trucukan jantan dan betina

Jika di rumah ada ulat hongkong, saya tambah dengan ulat hongkong pagi 2 ekor dan sore 2 ekor. Kalau pakan ulat hongkong sendiri diberikan untuk burung trucukan yang mau lomba. Tapi kalau untuk burung trucukan rumahan sebaiknya diberikan jangkrik saja sudah  cukup.

Lakukan pemberian jangkrik secara kontinyu atau telaten. Amati perubahannya selama satu hingga 2 minggu. Saya yakin sudah ada perubahan yakni burung rajin bunyi.

Takaran jangkrik dan ulat hongkong

Khusus untuk tips pemberian jangkrik dan ulat hongkong hanya untuk burung yang benar-benar macet bunyi atau malas bunyi. Teman-teman bisa memberikan 2 ekor jangkrik masing-masing pada pagi dan sore hari kemudian ditambah dengan 4 ekor ulat hongkong masing-masing pada pagi dan sore hari juga. Coba teman-teman amati perubahannya selama satu minggu pasti hasilnya sudah JOSSSSS.\

2. Pola pengembunan dan penjemuran

Burung trucukan ini suka sekali diembunkan dan berjemur di pagi hari. Diembutkan di sini artinya adalah pagi hari jam 4.30 atau jam 05.00 pagi burung dikeluarkan agar bisa terkena embun di pagi hari. Teman-teman bisa menaruhnya pada tempat jemuran atau yang lain. Intinya burung tidak tergangganggu oleh tikus ataupun kucing.

Pada pagi hari secara alamiah burung trucukan yang memiliki birahi stabil akan mengeluarkan bunyi ropelannya seperti di alam.

Setelah burung diembunkan, burung kemudian lanjut dijemur sampai jam 07.30. di tempat saya jam 06.00 sudah ada sinar matahari.

Menurut saya pribadi penjemuran yang paling bagus dilakukan selama 1 jam hingga 1,5 jam.

Pola penjemuran ini juga bisa meningkatkan birahi burung trucukan sehingga bisa gacor. Setelah burung di jemur, burung diangin-anginkan atau ditaruh diteras selama 30 menit hingga satu jam. Selanjutnya burung di kerodong. Kalaupun tidak dikerodong, burung bisa dimasukkan ke dalam rumah.

3. Pemberian pakan pisang setiap hari

Selain voer sebagai makanan pokok, pisang juga sebagai makanan pokok burung trucukan. Kalau di alam liar, buah-buahan dan serangga sebagai makanan pokok burung trucukan.

Manfaat buah pisang ini bisa meningkatkan birahi burung trucukan. Jenis buah pisang yang paling disukai oleh burung trucukan adalah pisang kapok dan pisang raja. Kedua jenis pisang ini memiliki rasa yang manis dan juga awet (tidak mudah busuk).

Ada teman komunitas trucukan saya yang sudah memiliki burung trucukan yang berumur (di atas 2 tahun) pakannya hanya voer dan pisang saja. Pemberian pisangnya tidak pernah telat. Hasilnya setiap hari burung trucukannya gacor.

Memang burung trucukan itu makin tua makin jadi. Makin tua makin gacor. Burung trucukan yang stabil pada usia 2 tahun. Kalau sudah 2 tahun burung akan rajin ropel dan ropelannya itu panjang dan maksimal.

Namun ada juga yang umurnya baru 7 bulan sudah gacor dan rajin ropel pagi harinya. Nah kalau usia di bawah satu tahun bisa gacor artinya burung tersebut dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *