Pakan Alternatif Lovebird sebagai Pengganti Milet

Di pertengahan tahun 2019 ini harga milet sangat mahal. Di area Jawa Timur dan sekitarnya harga milet tembus Rp20.000 perkilogram. Mengikuti perkembangan di grup facebook ada yang mengatakan penyebab milet mahal karena biaya import yang mahal dan ada juga yang berspekulasi milet putih sengaja dibuat langka atau ditahan oleh juragan milet. Entah yang benar yang mana saya sendiri tidak tahu.
pakan alternatif lovevird pengganti milet

Bagi peternak lovebird yang mempunyai cukup banyak indukan akan kewalahan dengan mahalnya harga milet. Apalagi saat ini harga lovebird sudah turun drastis. Lovebird kelas sayur seperti lovebird josan, pastel hijau, dan pastel kuning harganya sudah di bawah Rp100.000. kalau dihitung untuk biaya pakannya pasti akan merugi. Lebih mending kalau peliharanya lovebird warna seperti lovebird biola dan parblue. Dengan penjualan yang masih mahal bisa menutup pembelian milet putih yang sudah mencapai Rp20.000 tiap kilogramnya.
Pada dasarnya burung lovebird itu termasuk burung pemakan biji-bijian. Para peternak yang kreatif tidak kehilangan akal. Kita di Indonesia jenis biji-bijian yang murah adalah gabah. Harga satu kilogram gabah saat ini di petani Rp4000 sampai Rp5000. Kalau sudah masuk di toko burung, mereka menjual gabah kering kisaran Rp6000 sampai Rp7000 perkilonya.

Cara melatih lovebird makan gabah kering

Di grup peternak lovebird, teman-teman berbagi bagaimana cara mengganti milet putih secara total. Dengan perbandingan harga milet putih dan gabah kering yang sangat signifikan bisa menekan biaya ternak. Oke berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara melatih lovebird supaya bisa makan gabah kering secara total.
1. Milet putih dicampur dengan gabah kering dengan takaran 1 : 1
2. Milet dan gabah diaduk sampai tercampur rata kemudian ditaruh pada tempat pakan di kandang.
3. Berikan campuran milet dan gabah dengan perbandingan satu banding satu selama satu minggu.
4. Setelah melewati satu minggu milet putihnya dikurangi separuhnya lagi. Artinya perbandingan milet putih dan gabah kering adalah ¼ : 1.
5. Pembiasaan perbandingan seperempat milet dan satu takar gabah kering selama satu minggu lagi.
6. Setelah minggu kedua, kita bisa berikan gabah kering secara total. Sebagai saran sebaiknya pemberian gabah didampingi dengan jagung kering yang sudah digiling. Jadi ada campuran gabah dan jagung. Perbadingannya bisa satu takar gabah dan setengah takar jagung giling. Aduk merata.
Pada hari pertama lovebird pasti akan lebih memilih milet putihnya. Namun akan terlihat lovebird sudah mulai memecah gabahnya.
SARAN: Pemberian gabah sebaiknya pada lovebird yang umurnya sudah tiga bulanan. Karena pada umur 2 bulan lovebird baru bisa makan dan takutnya kalau diberi sejak dini lovebirdnya tidak kuat makan gabah. Kalau sudah umur tiga bulanan sudah bisa kuat diberi pakan gabah.

Apakah gabah bisa menyebabkan nyilet pada lovebird?

Berdasarkan pengalaman teman-teman yang sudah mencoba, awalnya gabah bisa menyebabkan milet. Setelah di evaluasi ternyata tidak ada pakan lain dalam kandang. Kemudian sudah banyak teman yang mencoba memberikan pakan gabah sebagai pengganti milet TAPI dicampur dengan pakan lain seperti jagung giling. Kemudian ada teman peternak yang selalu menyediakan sayuran bekas seperti kol atau sawi di dalam kandang.
Pemberian gabah pada indukan lovebird
Untuk lovebird yang sedang meloloh sebaiknya pemberian gabah dikurangi jumlahnya. Berikan gabah takaran ¼ saja kemudian selebihnya dicampur dengan milet putih dan kenari sed. Sediakan juga setiap hari jagung muda. Ada teman yang menambahkan voer ayam 511 juga bisa direkomendasikan.

Tambahan:

Ada teman peternak lagi yang mencampurkan gabah dengan gandum. Harga gandum di atasnya harga gabah. Saat ini harga gandum kering Rp10.000 sampai Rp12.000 tiap kilogramnya. Ada yang mencampurkan gabah dan gandung dengan takaran 1 : 1.
Jadi Anda bisa mengikuti yang mana. insyaAllah semuanya sudah teruji dan terbukti. Kalau teman-teman di daerah saya menggunakan cara yang sudah saya sebutkan paling atas. Jadi campuran gabah dan milet awalnya. Kemudian diberikan campuran gabah dan jagung secara total. di dalam kandang juga disediakan sayur seperti kangkung atau kol, sawi, dan mentimun.
Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk mengatasi harga milet putih yang kian mahal. Ada juga yang berspekulasi dalam waktu dua atau tiga bulan ke depan harga milet sudah kembali turun lagi. Tapi entahlah semua itu belum pasti. Dengan adanya masalah ini, akhirnya peternak bisa berkreasi membuat racikan pakan yang baru bagi lovebird.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *