Perbedaan lovebird josan dan pasjo secara fisik dan harganya

Bagi seseorang yang baru memelihara burung lovebird pasti bingung membedakan lovebird josan dan pasjo. Kedua lovebird tersebebut masih dalam satu jenis yakni lovebird paruh merah. Orang juga menyebut lovebird tersebut sering dengan singkatan-singkatan. Seperti lovebird josan kepanjangan dari “hijau standar”. Kalau orang Jawa menyebut hijau itu diucapkan “ijo atau hijo”. Jadi lebih enak saja lovebird hijau standar disebut dengan josan. Nah kalau lovebird pasjo kepanjangan dari pastel hijau.

Apa itu lovebird pastel?

Lovebird pastel itu lovebird yang memiliki corak atau gradasi tertentu sesuai dengan nama yang disematkan pada nama lovebird. Misalnya nama lovebird pastel hijau. Kita bisa lihat bahwa lovebird tersebut masuk ke jenis hijau standar tapi warna pada kedua sayapnya ada corak kekuningan. Kalau warna ekor dan dadanya sama. Nah untuk lebih jelasnya lihat foto lovebird josan dan lovebird pasjo.
Perbedaan lovebird josan dan lovebird pasjo secara fisik
 

Perbedaan lovebird josan dan lovebird pasjo secara fisik
perbedaan warna

  1. Warna yang paling menonjol pada sayapnya. Lovebird josan cenderung hijau penuh sedangkan lovebird pasjo warna hijaunya bercorak dengan warna kuning.
  2. Dari warna kepala sampai ke leher, kebanyakan lovebird pasjo berwarna merah di kepala gradasi kuning jelas pada lehernya sedangkan lovebird josan ada yang merah gradasi kuning sedikit dan ada yang kepalanya warna kuning gradasi hitam. Ada yang disebut juga lovebird josan kepala hitam.
  3. Warna dada josan cenderung hijau muda sedangkan pasjo warna dadanya hijau kekuningan lebih kuat.
  4. Warna kaki sama hitamnya. Warna ekor josan juga warna hijaunya kuat sedangkan pasjo ekornya ada yang hijau dan ada yang kekuningan seperti warna sayapnya. Lebih lengkap lihat foto-foto di bawah ini yah.

perbedaan mencolok lovebird pasjo dan josan
perbedaan josan dan pasjo sangat mencolok

Perbedaan harga

Burung lovebird itu burung yang unik. Burung ini dihargai dari jenis warnanya. Kalau orang yang ternak lovebird ada yang bilang main lovebird “warna”. Semakin warnanya bagus, maka harganya semakin mahal. Saat ini lovebird yang paling mahal masih diduduki oleh lovebird biola dan lovebird parblue. Kalau dulu di bawah tahun 2016 harga lovebird biola betina masih 5 jutaan sedangkan yang jantan sampai 9 jutaan. Nah sekarang yang betina harga 600 ribuan sedangkan yang jantan 1 jutaan. Menurut saya masih bagus juga untuk memelihara lovebird tersebut sekedar untuk hobi dan bisnis.

harga lovebird hijau standar 50.000
melihat lovebird josan dari dekat

Menurut Anda lovebird josan dan lovebird pasjo warnanya bagus yang mana?

Jelas dilihat dari segi warna, warna lovebird pasjo lebih bagus dan menarik. Karena hal inilah lovebird pasjo harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga lovebird josan. Ini saya bicara soal lovebird yang bukan untuk lomba yah. Kalau lovebird lomba walaupun lovebird josan tapi “ngekek panjang” dan sudah sering juara harganya bisa puluhan juta bahkan ratusan juta.
foto lovebird josan cantik
foto lovebird josan cantik
Harga lovebird josan dan pasjo di pasaran
Saat ini di tahun 2019, harga lovebird sangat anjlok. Mengapa bisa demikian? Stok atau jumlah lovebird sangat banyak sedangkan kenaikan peminatnya tidak signifikan. Banyak orang yang sudah berhasil beternak lovebird juga menjadi pengaruh.
foto lovebird pasjo dengan lovebird pasbir
foto lovebird pasjo dengan lovebird pasbir
Di tahun ini harga lovebird josan yang masih paud (umur 2 – 3 bulanan) Rp40.000 –Rp60.000,
Lovebird josan dewasa Rp60.000 – Rp70.000.
Sedangkan lovebird pasjo masih Paud Rp60.000 – Rp80.000.
harga lovebird pasjo dewasa Rp80.000-Rp90.000 

anakan lovebird pasjo
anakan lovebird pasjo umur 18 hari

 Warna lovebird josan juga ada yang bagus seperti jenis lovebird josan kepala merah seperti foto di atas. Ada lagi jenis Josan Ficheri harganya juga sama dengan lovebird pasjo.

Tips membeli lovebird

Lovebird memang burung yang bagus dari segi warna.  Bagi Anda yang masih pemula sebaiknya membeli burung dari peternak lokal. Pengalaman saya yang pernah membeli burung dari luar kabupaten, burung tersebut terkena SNOT. Saya sudah menjelaskan tentang apa itu SNOT dan cara penanganannya

Ombyokan lovebird warna

Lebih baik membeli di Ombyokan dari ternak sekitar kabupaten tempat Anda tinggal. Kebanyakan lovebird dari luar akan kecapekan dan mudah terkena penyakit. Apalagi lovebird tersebut umurnya masih 2 sampai 3 bulanan. Pilih juga warna-warna yang mulus, tubuh yang besar (big body) dan lincah.
Oke demikian informasi seputar perbedaan dari lovebird josan dan pasjo. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Kalau ada yang mau ditanyakan bisa mengirim pertanyaan lewat kolom komentar dan melalui menu Kontak di atas. Pertanyaan bisa disampaikan melalui wathsapp atau SMS saja yah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *