Umur kelinci mulai dikawinkan

Satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh peternak kelinci adalah indukan kelinci hamil dan melahirkan. Namun usaha dalam ternak kelinci tidaklah semudah membalikan tangan. Setiap peternak pernah merasakan manis dan pahitnya dalam memelihara kelinci. Misalnya, kelinci yang sudah dikawinkan tidak kunjung hamil. Padahal dana yang dikeluarkan dalam beternak kelinci sudah begitu banyak. Berawal dari dari tantangan itulah ilmu yang baru kita dapatkan dalam beternak kelinci.

Tingkat kemapanan usia kelinci dikawinkan itu juga menentukan kesuksesan peternakan kelinci. Untuk mengawinkan sepasang kelinci, kita harus memperhatikan usia kelinci jantan maupun kelinci betina.

Tujuan mengamati dari segi usia adalah agar kita memperoleh keturunan kelinci yang berkualitas dan indukan bisa merawatnya dengan baik. Selain itu kesehatan indukan juga tetap terjaga. Indukan kelinci betina yang dikawinkan secara dini sangat berpengaruh pada keturunan yang dihasilkan. Dari pengalaman saya, indukan kelinci betina yang usianya muda, pada keturunan pertama anakannya mati semua. indukan tidak bisa merawatnya. Waktu itu kelinci lokal saya melahirkan 5 ekor anakan.

usia kelinci siap kawin
Kelinci lokal jenis albino mata merah

Pemilihan usia mapan indukan kelinci betina juga sangat penting. Kelinci jantan yang sudah dewasa dan menjadi pejantan mempengaruhi kualitas anakannya.

Dalam satu hari, kelinci jantan bisa dikawinkan tiga sampai empat kali kawin.

Umur kelinci jantan dan betina siap dikawinkan

Tingkat kemapanan kelinci jantan bisa dilihat dari jenis kelincinya. Dilihat dari besar badannya, kelinci dibagi mejadi tiga yaitu kelinci standar, kelinci sedang, dan kelinci besar.

  1. Contoh kelinci yang memiliki ukuran standar seperti kelinci lokal dengan bobot maksimal 2 kg – 2,5 kg. Kelinci jenis ini bisa dikawinkan pada usia 4,5 bulan untuk kelinci betina.
  2. Kelinci yang memiliki ukuran sedang misalnya kelinci rex dengan bobot 2,5 kg – 3,5 kg. Kategori kelinci sedang siap dikawinkan pada umur 6-7 bulan.
  3. Sedangkan kelinci yang berukuran besar seperti Flamist Giant yang bobotnya mencapai 5 kg – 6,5 kg. Kelinci ini siap dikawinkan pada usia 8 bulan sampai 9 bulan.
usia siap kawin kelinci flamish giant
Kelinci Flamish Giant

Ketiga jenis kelinci di atas dilihat dari segi kelinci betina. Sebaiknya untuk indukan pejantan umurnya minimal selisi 3 bulan agar anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Selain itu agar memperoleh tingkat keberhasilan perkawinan kelinci.

kelinci dikawinkan pada umur
Kelinci Rex karpet

Kapan kelinci dikawinkan?

Untuk mengawinkan kelinci tidak perlu memandang waktu. Kalau kelinci sudah mapan bisa dikawinkan kapan saja. Artinya kita sebagai peternak yang masih pemula tidak perlu memandang musim kawin kelinci.

Misalnya kelinci betina dimasukan dalam kandang kelinci jantan. Biasanya setelah beberapa saat meletakan kelinci betina, maka yang jantan akan mengejar dan akan melakukan perkawinan. Jika sudah terlihat kawin, kelinci betina bisa diambil kembali.

Metode perkawinan kelinci

Ada dua metode perkawinan yang digunakan yakni ada motode pisah campur dan ada metode full campur.

  1. Metode pisah campur

Sepasang kelinci jantan dan kelinci betina kandangnya berbeda atau terpisah. Ketika mau dikawinkan, kelinci betina dimasukkan ke dalam kandang selama beberapa menit. setelah terlihat kawin, maka kelinci betina diambil kembali dan dimasukkan ke kandang kelinci betina. Cara ini bisa dilakukan pada pagi dan sore hari selama satu minggu. Namun ada peternak yang melakukan hal ini selama 5 hari sudah cukup.

  1. Metode full campur

Pada metode perkawinan ini sepasang kelinci jantan dan betina disatukan selama satu minggu. Setelah terlihat kawin dibiarkan saja dalam satu kandang selama seminggu. Setelah itu kedua kelinci dipisahkan.

Ada kekurangan dari metode full campur ini yaitu kelinci betina bisa digigit atau dikejar-kejar terus oleh kelinci jantan. Jika kelinci jantan stres atau usia kelinci betina yang terlalu muda, biasanya kelinci jantan akan sering mengejar. Parahnya kelinci jantan bisa menggigit kulit kelinci jantan sehingga menimbulkan luka.

Kesimpulan

Ketika akan mengawinkan kelinci harus memperhatikan dua hal yaitu umur kemapanan kelinci jantan dan betina dan metode perkawinannya.

Kelinci lokal bisa dikawinkan pada umur 4,5 bulan, kelinci rex atau new zaelan bisa dikawinkan pada umur 6 bulan dan kelinci yang berukuran besar seperti flamish giant mulai umur 8 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *